17 November 2014

Apa kelebihan mobil Subaru dari merk lainnya?

Apa kelebihan mobil Subaru dari merk lainnya?

Ada baiknya kita mengetahui apa yang membuat Subaru unik dibandingkan dengan merk lainnya. Uraian singkat dibawah ini akan menjelaskan apa yang unik dari mobil Subaru. Mungkin ini akan menjadi informasi yang tepat sebelum membeli mobil. Mungkin saja merk lain lebih lengkap dari segi accesories namun Subaru mempunyai fitur unik dan safety tingkat tinggi yang tidak dimiliki oleh merk lainnya.

1. SUBARU Horizontally-Opposed BOXER ENGINE

Apa itu Horizontally-Opposed Boxer Engine?
Mesin Subaru adalah sebuah konfigurasi mesin yang dalam proses pembakarannya piston bergerak secara horizontal. Crankshaft berada ditengah dan silindernya diletakkan di sisi kiri dan kanan, membentuk sudut 180 derajat. Desain seperti ini menciptakan pusat gravitasi yang lebih rendah, keseimbangan simetris yang sempurna, handling yang lebih baik dan kinerja sistem AWD yang lebih efisien. Pada V-Type Engine mesin bergerak secara vertikal dalam bentuk "V", atau naik turun dalam keadaan miring. Hal ini menciptakan keausan, mengurangi efisiensi bahan bakar pada kendaraan AWD dan membutuhkan lebih banyak komponen untuk sistem AWD-nya.



Apa saja keunggulannya?

Lower Center of Gravity
Engine sits flat and low to the ground, yang menciptakan handling yang luar biasa ditikungan yang rapat, keseimbangan yang lebih baik dan mengurangi gejala body-roll.





Getaran Mesin yang Minim
Desain ini juga membuat getaran yang minim pada mesin, karena setiap piston menghilangkan getaran dengan gerakan yang berlawanan. Sehingga hasilnya adalah interior yang jauh lebih tenang dan halus serta tingkat optimum kenyamanan berkendara total.



Fuel Economy
Seringkali beberapa orang mengalami kekeliruan dalam membandingkan tingkat efisiensi Subaru dengan merek lain. Coba sekarang bandingkan dengan mobil yang memiliki spek sama, dari mulai kapasitas mesin sampai dengan sistem gerak (AWD tentunya). Dijamin Subaru memiliki hitungan yang lebih efisien.

Power
Setiap kendaraan Subaru telah dibekali dengan tenaga dan torsi yang cukup untuk membuat anda merasa antusias dalam berkendara. Mesin boxer yang efisien dan bertenaga tidak akan pernah membuat anda merasa underpower .

Longer Life Engine

Silahkan anda lihat gambar dibawah ini, bagaimana piston dalam mesin Boxer selalu terlumasi dibandingkan tipe mesin lain.



Subaru Engine Accident Dismount
Ini yang canggih dari mesin boxer . Mesin boxer ini jika mengalami kecelakaan, mesin akan terputus dan jatuh kebawah, jauh dari pengemudi dan penumpang. Bandingkan dengan mesin tipe lain yang bisa bikin penetrasi kedalam kabin, yang bisa menyebabkan cedera bahkan kematian.



2. SUBARU SYMMETRICAL ALL-WHEEL DRIVE

Apa itu Symmetrical AWD?
Istilah AWD saja sepertinya sudah sering didengar, namun symmetrical AWD baru luar biasa. Jadi yang dimaksud simetrik adalah keseimbangan jarak tuas penggerak antara bagian kiri dan kanan, serta posisi transmisi dan gardan yang berada ditengah.
Memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah dibandingkan dengan sistem AWD lainnya. Selain itu, jika setiap roda slip, distribusi torsi antara depan dan belakang dikontrol secara otomatis. Jaminan stabil dan lengket dalam berbagai kondisi berkendara.



Apa keunggulan dari Symmetrical AWD?

Traksi
Mesin Boxer Subaru mengirimkan daya ke keempat roda secara terus menerus, yang menggandakan sensitifitas traksi roda di setiap kondisi cuaca. Mesin akan mengirimkan daya yang lebih banyak ke roda yang memiliki grip paling baik, yang dapat mengurangi kemungkinan selip di salah satu roda.


Control
Membagi tenaga di antara semua empat roda yang membantu memberikan stabilitas dan kontrol diberbagai kondisi mengemudi, hal ini untuk mencegah sliding (oversteer/understeer).


Balance
Drivetrain yang simetris dan seimbang, di kedua sisi kanan dan kiri, yang memberikan pengalaman mengemudi yang meningkatkan kontrol, terutama tikungan tajam.


How Symmetrical All-Wheel Drive is Different
Ini yang bikin berbeda dari merk lain.


Seperti gambar yang dimaksud di atas tadi, bahwa AWD non-simetris menggunakan lebih banyak komponen untuk menyalurkan tenaganya. Pembagian distribusi geraknya pun tidak seimbang antara kanan dan kiri. Sangat jelas terlihat pada gambar sebelah kanan.



3. Subaru Advanced Safety Engineering

Seberapa amankah Subaru?

Ring-Shaped Reinforced Frame
Tidak ada titik lemah dalam rangkaian ring ini. Berbentuk ring, konstruksi ini melindungi penumpang secara maksimal. Hal ini dibuat untuk menyerap dan menghilangkan kekuatan dari dampak benturan. 


Seatbelts, Airbags, Active Headrests and Seat Anchors
Sudah jadi perlengkapan standar di Subaru, gak perlu saya jelasin pasti sudah pada tau semua betapa pentingnya airbag ini. Banyaknya jumlah airbag kembali lagi kepada masing-masing tipe kendaraannya ya.


Pedestrian Protection

Pedistrian protection ini berguna untuk melindungi pengguna jalan lain jika misalnya terjadi kecelakaan. Bisa dilihat dari jarak antara bumper depan dengan mesin, dimana bumper depan mempunyai ruang untuk menyerap benturan dari depan.



Brakes

Disetiap model sudah dilengkapi dengan 4-sensor/4-channel ABS yang dikombinasikan dengan EBD (Electronic Brakes-force Distribution) yang dapat mengatur kontrol rem belakang ketika mobil sedang membawa muatan berat atau kondisi jalan tertentu. Dan beberapa tipe juga dilengkapi dengan Hill Start Assist, yang membantu ketika kita berada ditanjakan, biar mobil tidak turun secara tiba-tiba saat melepas pedal gas.



Safety Brake Pedal System
Jika terjadi tabrakan frontal parah, pedal rem dan komponen menyajikan sebuah bahaya yang jelas sangat berbahaya untuk kaki. Sistem pedal keselamatan memungkinkan pedal pada model Subaru tertentu akan bergerak maju jika terjadi kecelakaan. Hal ini untuk mencegah cedera pada kaki dan lutut pengemudi.Disini Subaru memberikan solusinya  seperti gambar di bawah ini.

Artikel ini saya comot dari berbagai sumber yang saya lupa asalnya,mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan kata.



Berlangganan via email

1 komentar:

  1. Saya pemilik Subaru Legacy 2.5 GT di Batam , memang benar semua keterangan djatas yang dijelaskan karena saya sudah merasakannya sendiri

    ReplyDelete

Terima Kasih Sudah Berkunjung Ke Blog "Subaru Bali" Silakan Tulis Pertanyaan dan Komentar Anda di sini.
(Thanks for Visit To My Blog " Subaru Bali " Please Write your questions and comments here)

loading...