28 November 2014

Update terbaru MAP Garmin DX5310BT Subaru XV

Hallo apa kabar semua sahabat Subaru Owner, saya ada kabar baik buat anda-anda sekalian. Kabar apakah itu? Ini berita baik untuk pengguna Subaru XV, lho kok hanya untuk pengguna Subaru XV? Ya karena hanya Subaru XV diaplikasikan dengan MAP dari Garmin yang ditanamkan pada Head unit Kenwood DNX 5310 BT. Kini saya sudah mendapatkan update MAP terbaru untuk kawasan Asia.
Untuk official Web dari Garmin sendiri belum merilis Update MAP resminya untuk Kenwood DNX 5310 BT, lalu dari mana saya mendapatkannya? Saya mendapatkan dari website third party yang tidak saya sebutkan disini.

Gambar MAP sebelum diupdate.
Gambar MAP sesudah diupdate.

Berawal dari banyak User Subaru XV yang mengeluh kepada saya tentang MAP GPS 
Garmin di mobil mereka tidak update. Seperti kita ketahui di Asia khususnya di Indonesia tentunya sudah banyak sekali jalan dan route yang berubah, salah satu keluhan customer yang paling sering saya dengar adalah "Mengapa saya berkendara seperti di atas laut di Tol Benoa Bali", lalu saya jawab saja dengan gampang "MAP nya belum ada update terbaru dari Garmin Pak/Bu/Mister.

Nah sekarang jangan mengeluh lagi, karena saya akan Share update MAP nya disini.
1). Siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya ( Komputer atau laptop dengan card reader)
2). Unduh file update Garmin MAP di sini! atau Disini!
3). Lepaskan Memory Garmin card dari Head Unit, jika belum tahu cara melepaskannya card nya, silakan liat video di bawah ini.

4). Jika Card MAP sudah berhasil dibuka, back up dulu isinya di komputer atau laptop untuk file cadangan, siapa tahu update MAP nya gagal atau mau balik ke originalnya.
5). Nah, sekarang waktunya update MAP nya, file MAP yang sudah diunduh pada langkah 2, ekstrak file tersebut sehingga didapat satu file bernama gmapsupp.img.
6). Masukkan file gmapsupp.img dengan cara copy paste ke memory card MAP yang sudah dimasukkan ke komputer seperti di langkah 4 di atas. Kemudian akan muncul peringatan file akan ditimpa (overwrite ) klik saja OK.
7). Jika langkah ke 6 tidak berhasil karena MAP card di proteksi, maka lakukan langkah di bawah ini dulu.

Masuk ke alamat : www.garmin.com/kenwood
- product update
- region -> other
- model -> DNX5310BT
- ikuti ketiga langkah di atas.

Setelah menginstal plugin komunikasi garmin, kartu SD seharusnya sudah dapat diakses penuh. Sekarang, ganti gmapsupp.img. semoga cara ini berhasil ya.
8). Setelah file gmapsupp.img berhasil di overwrite, berarti pekerjaan sudah selesai sekarang tinggal dicoba pada GPS head unit Kenwood di mobil dan lihat perubahan MAP nya.

Berlangganan via email

4 komentar:

  1. Jika artikel ini bermanfaat,mohon komentarnya y

    ReplyDelete
  2. Lu'ung mule postingan pak Yan,trus update potinganne pak..thx

    ReplyDelete
  3. tulisan ini tahun 2014. bila donlot file pada saat ini (file pada poin kedua) apakah terinstall map terbaru atau map tahun 2014?
    regards

    ReplyDelete

Terima Kasih Sudah Berkunjung Ke Blog "Subaru Bali" Silakan Tulis Pertanyaan dan Komentar Anda di sini.
(Thanks for Visit To My Blog " Subaru Bali " Please Write your questions and comments here)

loading...