22 December 2014

Cara Menjaga Katalic Konverter (Converter Catalic) Agar Tetap Awet Dan Panjang Umur

Semua kendaraan Subaru sudah dirancang dengan tehnologi yang sangat maju seperti Boxer engine dengan direct injeksi, AWD simetris, VDC, safety yang canggih dan lainnya yang serba dikontrol komputer. Semua itu bertujuan untuk mendapatkan kenyamanan,ketenangan pikiran serta tingkat keamanan yang tinggi untuk pengemudi dan penumpangnya.

catalic converter

Dibalik semua tehnologi yang canggih itu, Subaru juga menciptakan semua kendaraan yang dibuatnya selalu bersahabat dengan alam (efisiensi bahan bakar yang tinggi dan ramah lingkungan). Semua komponen yang terpasang di mesin, mulai dari inlet sampai exhaust sistem dirancang untuk mendapatkan faktor ramah lingkungan ini. Salah satu komponen pencipta ramah lingkungan yang akan kita bahas kali ini adalah konverter katalik yang terpasang pada sistem exhaust (sistem pembuangan).

Catalic converter (konverter katalik) adalah komponen yang berfungsi sebagai katalis untuk mengurangi dan menetralkan gas HC, CO dan NOx dalam gas buang kendaraan, sehingga menghasilkan gas buang yang lebih bersih. Ada baiknya kita merawat Katalik converter agar tidak cepat rusak, karena katalic konverter ini sangat berperan besar menciptakan udara yang bersih keluar dari sistem knalpot kendaraan.

Untuk menjaga Catalic converter tetap bekerja baik dan untuk menghindari kerusakan dini ada baiknya anda lakukan langkah-langkah di bawah ini:

(1) Gunakan bensin tanpa timbal saja, mesti sedikit bahan bakar mengandung timbal dapat merusak konverter katalik

(2) Untuk model mesin diesel, gunakan bahan bakar solar saja yang sesuai dengan spesifikasi EN590 atau yang setara

(3) Jangan menyalakan mesin dengan didorong atau ditarik

(4) Jangan memforsir mesin (menekan pedal gas sampai penuh berulang kali)

(5) Jangan mematikan kunci kontak saat kendaraan bergerak

(6) Segera tune up mesin, Jika anda merasa mesin berputar kasar (gagal penyalaan,penyalaan terlalu awal, atau pembakaran tidak sempurna)

(7) Jangan melakukan perawatan lapisan bawah atau perawatan pencegahan karat pada pelindung panas konverter katalik dan sistem pembuangan

(8) Jangan mengemudi dengan tingkat bahan bakar (RON) sangat rendah (Baca RON standar yang dianjurkan untuk kendaraan Subaru)

Demikian tips yang bisa saya bagikan untuk merawat konverter katalik, agar selalu berfungsi maksimal dan awet, serta secara maksimal dapat membersikan dan menetralkan gas beracun yang keluar dari sisa pembakaran menjadi udara bersih.Thanks,

Berlangganan via email

0 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Berkunjung Ke Blog "Subaru Bali" Silakan Tulis Pertanyaan dan Komentar Anda di sini.
(Thanks for Visit To My Blog " Subaru Bali " Please Write your questions and comments here)

loading...