09 December 2014

Cara Mengaktifkan Dan Menonaktifkan System Hill Start Assist

Sudah pernah saya jelaskan pada postingan sebelumnya apa itu System Hill Start Assist, ini adalah salah satu fitur dari kendaraan Subaru yang mampu mempertahankan daya pengereman sesaat pada jalan tanjakan guna memberikan kesempatan pada pengemudi untuk memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas, agar mobil tidak tergelincir. Silakan baca pada postingan tentang Hill Start Assist disini !

System Hill Start Assist pada kendaraan Subaru khusus nya pada kendaraan Model Subaru XV, memang dibuat ON pada kondisi standard. Sekilas kita tidak dapat melihat tombol apapun yang dapat digunakan untuk menonaktifkan fitur ini.

Fitur Hill Start Assist dapat dinonaktifkan lewat tombol VDC yang ada di dasbord kendaraan di sebelah roda .kemudi. Artikel ini saya share karena saya punya pengalaman sendiri tentang fitur ini,

Begini ceritanya : 
HILL ASSIST MATIAda satu customer pemilik mobil XV yang tanpa sengaja entah bagaimana caranya, beliau telah menonaktifkan fitur Hill Assist nya. Ini terjadi saat beliau sedang mencuci mobilnya sehingga tanpa sengaja tombol VDC tertekan sesuai dengan cara mematikan Hill Assist (memang cukup aneh hal ini bisa terjadi, karena untuk mematikan Hill Assist ini diperlukan hitungan tertentu dalam menekan tombol VDC, Tapi kenyataannya Hill Assist non aktif tanpa disengaja dapat terlihat di panel dengan gambar mobil miring yang disilang garis). Akhirnya Customer panik, disangka mobilnya ada yang error berat, saat itu dia berada di Solo dan coba memperbaiki di sana, namun bengkel disana juga bingung karena Gambar yang katanya error di panel dasbord itu tidak ada penampakan kode DTC di alat scanner mereka. Akhirnya customer datang ke Subaru Bali untuk cek masalah ini.

Cara menghidup dan mematikan System Hill Start Assist
1). Cara mematikan Hill Assist
TOMBOL VDCPada saat mesin menyala tekan tombol VDC dan tahan hingga lampu indikator OFF kontrol VDC pada panel meter kombinasi menyala beberapa detik dan kemudian mati.
Dalam 5 detik setelah lampu indikator VDC OFF lepaskan tombol VDC
Kemudian dalam 2 detik setelah melepaskan tombol VDC, tekan kembali tombol VDC sekali lagi, maka lampu indikator OFF Hill Start Assist akan menyala di panel meter kombinasi.
Matikan mesin dan nyalakan kembali maka di panel akan muncul lampu peringatan System Hill Start Assist Sudah nonaktif.
2).Cara mengaktifkan kembali Hill Assist
Lakukan prosedur yang sama seperti di atas, maka System Hill Start Assist akan diaktifkan kembali.

Berlangganan via email

0 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Berkunjung Ke Blog "Subaru Bali" Silakan Tulis Pertanyaan dan Komentar Anda di sini.
(Thanks for Visit To My Blog " Subaru Bali " Please Write your questions and comments here)

loading...